Banner

Kamis, 28 Januari 2016

Perikanan Budidaya Sebatik Harus Meningkat

Pada rapat kerja Komisi IV DPR RI dengan Menteri KKP, Susi Pudjiastuti di ruang rapat Komisi IV DPR RI, Selasa 27 Januari 2016, mengatakan bahwa ke depan Kementerian Kelautan dan Perikanan akan menambah anggaran untuk program kegiatan Budidaya dengan mengurangi anggaran pengawasan.
Kepala Dinas Kelautan & Perikanan Nunukan (Bpk Dian Kusumanto)
Apa yang direncanakan Menteri Susi tersebut harus disambut baik oleh instansi terkait di daerah termasuk Sebatik, Nunukan, Kalimantan Utara. Pasalnya Sebatik merupakan salah satu daerah yang selalu 'dijual' di tingkat pusat untuk mendorong anggaran ke Perbatasan demi menjaga kedaulatan NKRI, terutama saat isu perbatasan hangat diperbincangkan, sehingga Sebatik harus nyata mengalami peningkatan yang signifikan.

Untuk meningkatkan bantuan dari pusat ke Perbatasan khususnya Sebatik, harus ada satu atau beberapa tempat yang dikelola dengan baik sehingga dapat dijadikan contoh pengembangan Budidaya serta sebagai sumber yang menjadi andalan untuk produksi perikanan Budidaya. Salah satu contoh misalnya, Keramba Jaring Apung (KJA). Ini harus terus didampingi sehingga mampu memberikan hasil yang baik.

Apabila KJA tersebut berhasil dikelola dengan baik, maka ini akan mengangkat citra perikanan budidaya yang ada di sebatik sehingga bantuan-bantuan berikutnya untuk daerah-daerah sekitar tidak akan sulit diberikan karena sudah ada bukti keberhasilan dari bantuan sebelumnya untuk menjadi referensi apabila ingin mendatangkan bantuan-bantuan lain.

Keberhasilan perikanan budidaya KJA dan lainnya tentu tidak terlepas dari peran serta dan kerja keras dari pucuk pimpinan yang ada di Dinas Kelautan dan Perikanan setempat. Bersyukur, Dinas Kelautan dan Perikanan Nunukan dipimpin oleh sosok figur yang pekerja keras, tidak alergi lapangan dan aktif di media sosial untuk mengkomunikasikan perkembangan yang ada di lapangan sehingga netizen lain bisa mengetahui dan bisa beriteraksi langsung.

Apresiasi tentu harus kita berikan kepada mereka yang sudah bekerja keras untuk memajukan Perikanan Budidaya di Sebatik, Nunukan sebagaimana doa yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan. "Semoga Keramba Jaring Apung (KJA) yang ada di perairan laut Desa Liang Bunyu Kecamatan Sebatik Barat ini berhasil," ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Dian Kusumanto melalui akun media sosial miliknya, beberapa waktu lalu.
Foto: Akun Medsos Dian Kusumanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar